- See more at: http://dikaeuphrosyne.blogspot.com/2013/04/cara-agar-artikel-di-blog-tidak-dapat.html#sthash.JcEiggbH.dpuf Pariwisata Bali dan Global (Bali and Global Tourism): Latihan Kasir Restaurant Dan Bar

Senin, Januari 24, 2011

Latihan Kasir Restaurant Dan Bar

Saudara telah mempelajari tentang (i) Captain Order, (ii) Restaurant Check dan telah mengerjakan tugas untuk membuat captain order dan restaurant check berdasarkan buku kasir restaurant dan bar.

Tugas saudara selanjutnya adalah mengerjakan :

  1. Restaurant Summary of Sales
  2. Housebank Report

Petunjuk :

Restaurant Summary of Sales

Adalah formulir yang digunakan untuk mencatat dan meringkas seluruh penjualan yang terjadi dalam satu shift kerja kasir rstaurant dan bar berdasarkan restaurant check yang sudah dibuat.

Dengan membuat restaurant summary of sales, maka akan diperoleh informasi mengenai : (i) Nomor urut transaksi, (ii) Nomor restaurant check yang telah digunakan (iii) jumlah tamu yang makan dan minum di restaurant, (iv) total penjualan makanan, (v) total penjualan minuman (vi) total service charge, (vii) total tax, (viii) total penjualan makanan dan minuman, (ix) total pembayaran tunai , (xi) total pembayaran non tunai dan (xii) informasi terkait transaksi yang terjadi.

Untuk membuat restaurant summary of sales, saudara dapat merujuk pada buku kasir restaurant dan bar pada halaman 54. Perhatikan setiap transaksi yang tercatat berdasarkan restaurant check pada halaman 37 sampai dengan halaman 51.

Setiap kelompok membuat satu restaurant summary of sales, berdasarkan seluruh restaurant check yang dibuat setiap kelompok (tugas sebelumnya), dengan nomor urut restaurant check yang berurutan.


House Bank Report

House Bank disebut juga kas kecil, petty cash, berfungsi untuk membantu pekerjaan kasir restaurant bar antara lain untuk penyusukan (change) dan penukaran uang (exchange).

Atudan penggunaan Housebank antara lain

  1. Jumlah housebank pada awal shift kerja kasir (yang diterima dari shift sebelumnya) harus sama pada akhir shift (yang diserahkan pada shift berikutnya).
  2. Jika housebank yang diserahkan pada shit berikutnya lebih kecil dari housebank yang diterima pada awal shift, maka kondisi ini disebut dengan SHORT, dimana kasir harus mengantinya.

Housebank report adalah laporan perubahan housebank dan perputaran uang kas dalam satu shift kerja kasir restaurant dan bar. Bentuk Housebank Report sebagai berikut.

House Bank Report

Cashier’s name: John Date : 15/10/10

Outlet : Coffee Shop Shift : Afternoon

1. Opening

a. Housebank from previous shift : Rp. 500.000,-

b. Additional Housebank from General Cashier : Rp………… 100.000,-.

Sub Total : Rp. 600.000,-

2. Operation

a. Cash Sales (data dari summary of sales) : Rp 1.000.000,-

b. Paid Out : Rp………………….0,-.

Sub Total Rp 1.000.000,-

3. Closing

a. Total Cash available before reported to GC : Rp. 1.600.000,-

b. Cash Reported to General Cashier : Rp. 1.000.000,-

c. Hosebank for next shift : Rp. 600.000,-

d. Short / Over : Rp. 0,-


Contoh diatas menunjukkan pada awal shift, kasir menerima Rp.500.000,-, General Cashier menambahkan Rp. 100.000,- Total uang tunai yang diterima pada saat operasional dari summary of sales Rp. 1.000.000,- tidak ada paid out.

Pada akhir shift, total uang tunai sebesar Rp. 1.600.000,- , dimana uang tunai yang disetor kepada General Cashier sebesar Rp. 1.000.000,- (sebesar yang diterima pada saat operasional dikurangi paid out), sehingga uang tunai untuk shift berikutnya sebesar Rp. 600.000, sama dengan yang diterima pada awal shift, sehingga tidak terjadi SHORT maupun OVER.

Tugas : Buatlah housebank report, jika pada awal shift saudara menerima Rp. 1.000.000,- dan tambahan Rp. 200.000,- dari general cashier, tidak terjadi paid out.

1 komentar:

  1. selamat siang... pak bayu.. sy boleh membeli Buku kasir restaurant dan Bar nya y? sangat penting buat sy pak... trims

    BalasHapus