- See more at: http://dikaeuphrosyne.blogspot.com/2013/04/cara-agar-artikel-di-blog-tidak-dapat.html#sthash.JcEiggbH.dpuf Pariwisata Bali dan Global (Bali and Global Tourism): CASH SHEET, REMITTANCE dan HOUSEBANK REPORT

Kamis, November 21, 2013

CASH SHEET, REMITTANCE dan HOUSEBANK REPORT

 Cash Sheet adalah formulir yang digunakan untuk mencatat pemasukan kas dan pengeluaran kas dalam satu shift kerja Kasir Kantor Depan, sehingga dapat diketahui saldoakhir kas yang diterima. 
Sumber-sumber penerimaan kas antara lain : 
  1. ARD (Advance Reservation Deposit), yakni penerimaan kas atas deposit pemesanan kamar tamu yang diberikan tamu atau pihak travel agent atau pihak ke-3 sebelum tamu check-in di hotel.
  2. GB (Guest Bill), yakni penerimaan kas atas pembayaran master bill tamu pada saat tamu check out
  3. PP (Pre-Payment), yakni penerimaan kas dari tamu pada saat tamu masih tinggal di hotel, untuk jaminan pembayaran.
  4. CS (Cash Sales), adalah peneriman  tunai dari transaksi  tamu yang tidak menginap di hotel.
  5. CL (City LEdger Payment) adalah penerimaan tunai atas pembayaran rekening tamu  yang sudah check-out dari Travel Agent atas tamu-tamunya yang sudah menginap di hotel.

House Bank adalah uang tunai yang digunakan untuk operasional Kasir, misalnya untuk penukaran uang dan pengembalian. Housbank pada awal shift harus sama dengan akhir shift. Kasir harus bertanggung jawab apabila terjadi short/kekurangan terhadap housebank.

Remittance of Fund adalah amplop yang digunakan untuk menyetor uang tunai yang diterima selama operasional satu shift kerja kasi, dimana uang tunai yang disetorkan tersebut diperinci secara fisik.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar