- See more at: http://dikaeuphrosyne.blogspot.com/2013/04/cara-agar-artikel-di-blog-tidak-dapat.html#sthash.JcEiggbH.dpuf Pariwisata Bali dan Global (Bali and Global Tourism): Jenis Jenis Restaurant

Senin, Februari 06, 2012

Jenis Jenis Restaurant


Menurut Sulartiningrum (2003 : 91-96) : “Pada dasarnya restoran yang berada di sebuah hotel dapat dikelompokan dalam tiga bagian besar, yaitu: formal dining room, informal dining room, dan specialities dining room”. Dari tiga kelompok tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :

a. Formal Dining Room

Formal Dining Room adalah restoran yang ada di dalam hotel yang merupakan restoran yang berkualitas tinggi. Restoran ini dirancang sedemikian eksklusif sehingga hanya tamu-tamu tertentu yang dapat menikmati hidangan tersebut. Contoh formal dining room, antara lain:

1) Rotisserie

Restoran eksklusif dimana tempat pembakarannya dapat dilihat oleh tamu.

2) Grill

Restoran untuk steak atau chops, yang mana makanan tersebut dibakar menurut selera tamu.

3) Cabaret atau Supper Club

Restoran yang mengadakan pertunjukan pada saat acara makan.

b. Informal Dining Room

Untuk restoran yang sifatnya tidak formal hotelpun menyediakan fasilitasnya. Beberapa contoh untuk informal restautant antara lain:

1) Coffee shop

Coffee shop adalah suatu usaha di bidang makanan yang dikelola secara komersial yang menawarkan kepada tamu minuman atau makanan kecil dengan pelayanan dalam suasana yang tidak formal tanpa diikuti suatu aturan service yang berlaku (sebagaimana sebuah eksklusif dining room). Jenis-jenis makanan atau harganya lebih murah, karena biasanya beroperasi dua puluh empat jam maka coffee shop tetap buka walaupun restoran formalnya sudah tutup.

2) Tavern

Tavern adalah restoran kecil yang berada di dalam hotel, yang mana disajikan untuk minuman utamanya adalah bir dan anggur (wines).

3) Cocktail lounge

Cocktail lounge adalan suatu fasilitas yang diberikan kepada tamu dan pengunjung hotel, suatu tempat bersantai untuk minun dengan suasana pencahayaan yang agak remang-remang.

4) Pool snack bar

Sebuah counter bar kecil yang terletak di tepi kolam renang sebuah hotel. Disamping menyediakan minuman, makanan kecil, tamu juga dapat menemukan makanan lain, dan makanan tersebut akan diambil di dapur utama.

5) Room Service

Yaitu sistem pelayanan terhadap tamu hotel yang mana makanan dan minuman yang dipesan akan diantarkan ke kamar oleh pramusaji dan dinikmati di dalam kamar. Cara pemesanan makanan dan minuman ini biasanya melalui telepon.

c. Specialities dining room

Specialities dining room adalah restoran yang berada di hotel yang biasa menyediakan makanan atau masakan khusus.Yang termasuk restoran jenis ini, yaitu :

1) Retoran yang menjual makanan dari suatu negara atau benua tertentu, seperti: Indonesian Restaurant, Chinese Restaurant, European Restaurant, dan lain-lain.

2) Restoran yang menjual jenis masakan atau menggunakan cara makan tertentu, misalnya : Seafood Restaurant dan Grill Restaurant.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar