- See more at: http://dikaeuphrosyne.blogspot.com/2013/04/cara-agar-artikel-di-blog-tidak-dapat.html#sthash.JcEiggbH.dpuf Pariwisata Bali dan Global (Bali and Global Tourism): Pramusaji

Senin, Februari 06, 2012

Pramusaji



Menurut Soenarno (1995:205): “ Pramusaji adalah pelayan restoran yang mempunyai tugas menunggu tamu, melayani pemesanan makanan dan minuman dan menyajikan pesanan tersebut kepada tamu tersebut. Sedangkan menurut Marsum (2005:90) : “ Pramusaji adalah karyawan atau karyawati di dalam sebuah restoran yang bertugas menunggu tamu-tamu, membuat tamu-tamu merasa mendapat sambutan dengan baik dan nyaman, mengambil pesanan makanan dan minuman serta menyajikannya, juga membersihkan restoran dan lingkungannya serta mempersiapkan meja makan (table setting) untuk tamu berikutnya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa, pramusaji adalah karyawan yang bertugas di restoran yang melayani kebutuhan makan dan minum bagi para tamu yang datang untuk menikmati makanan dan minuman di restoran tersebut secara professional.

Dalam buku yang disusun oleh Arnawa (1999:4-5) menyebutkan bahwa, pramusaji memiliki tugas sebagai berikut :

  • Menerima dan menyapa setiap kedatangan tamu di restoran dan pada pelayanan kamar mengambil pesanan melalui telepon.
  • Menghantarkan, mencarikan tempat duduk sesuai dengan keinginan mereka.
  • Menyuguhkan daftar makanan dan minuman.
  • Saat tamu meninggalkan ruangan, disapa dengan sopan dan senyum serta mengharapkan supaya mereka datang kembali.
  • Sebelum restoran dibuka, hendaknya pramusaji memeriksa kelengkapan yang diperlukan guna kelancaran operasional di restoran.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar