- See more at: http://dikaeuphrosyne.blogspot.com/2013/04/cara-agar-artikel-di-blog-tidak-dapat.html#sthash.JcEiggbH.dpuf Pariwisata Bali dan Global (Bali and Global Tourism): Art Shop

Sabtu, Februari 04, 2012

Art Shop

Art Shop terdiri atas dua kata yakni art dan shop. Art is the process or product of deliberately arranging elements in a way that appeals to the senses or emotions (suatu proses atau produk dari elemen-elemen yang ditata secara sengaja dengan cara-cara tertentu sehingga menimbulkan daya tarik bagi perasaan dan emosi) dan Shop yang berarti toko (Wikipedia, 2009).

Art shop diterjemahkan dalam bahasa Indonesia Art berarti seni sedangkan shop berarti toko, jadi jika digabungkan menjadi toko seni. Toko adalah sebuah tempat tertutup yang di dalamnya terjadi kegiatan perdagangan dengan jenis benda atau barang yang spesifik sedangkan seni pada mulanya adalah proses dari manusia dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreativitas manusia (Wikipedia, 2009).

Berdasarkan beberapa pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa art shop atau toko seni adalah sebuah tempat yang di dalamnya terjadi kegiatan perdagangan dengan jenis benda atau barang spesifik yang diperdagangkan adalah benda atau barang yang diciptakan dari kreatifitas manusia dari elemen-elemen yang ditata secara sengaja dengan cara-cara tertentu sehingga menimbulkan daya tarik bagi perasaan dan emosi.

Jenis-jenis art shop yang terdapat pada tempat penelitian dibedakan berdasarkan letaknya (Hasil penelitian, 2010):

1. Art shop yang terletak di pasar

Art shop yang terletak di dalam pasar didirikan oleh pemerintah adat di desa ini. Ukuran art shop biasanya tidak lebih dari 5 x 5 meter. Barang-barang yang diperjualbelikan adalah barang seni yang memiliki ukuran yang kecil karena menyesuaikan dengan ruangan yang tersedia, misalnya pakaian, perhiasan, patung dan sebagainya. Art shop ini biasanya disewakan bagi masyarakat asli desa ini untuk membantu perekonomian masyarakat lokal.

2. Art shop yang terletak menyatu dengan tempat usaha lainnya (mall, supermarket, restoran, hotel dsb)

Art shop yang terletak menyatu dengan tempat usaha lainnya dapat ditemukan di tempat-tempat tertentu saja, antara lain: di dalam mall, di dalam hotel, di dekat restaurant. Letak art shop ini dapat di dalam atau di luar dari tempat usaha utama. Barang-barang yang diperjualbelikan adalah barang seni yang memiliki ukuran yang kecil karena menyesuaikan dengan ruangan yang tersedia, misalnya pakaian, perhiasan, patung dan sebagainya. Art shop ini biasanya dimiliki oleh pemilik tempat usaha utama.

3. Art shop yang terletak di pinggir jalan raya

Art shop yang terletak di pinggir jalan raya dimiliki oleh pemilik pribadi. Biasanya art shop disewakan oleh pemiliknya untuk para pendatang. Ukuran art shop bervariasi, sesuai dengan kemampuan pemilik. Bentuknya juga sangat menarik dengan etalase yang menarik bagi wisatawan. Barang-barang yang diperjualbelikan adalah barang seni yang beragam misalnya: pakaian, perhiasan, patung, lukisan, furniture dan sebagainya. Jenis art shop ini dapat ditemukan dengan mudah di pinggir jalan.

4. Art shop yang terletak di sepanjang gang

Art shop yang terletak di sepanjang gang dimiliki oleh pemilik pribadi. Biasanya art shop disewakan oleh pemiliknya untuk para pendatang. Ukuran art shop bervariasi, sesuai dengan kemampuan pemilik. Barang-barang yang diperjualbelikan adalah barang seni yang beragam misalnya: pakaian, perhiasan, patung, lukisan, dan sebagainya. Jenis art shop ini dapat ditemukan di sepanjang gang yang hanya dapat dilalui oleh pejalan kaki serta kendaraan beroda dua.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar