- See more at: http://dikaeuphrosyne.blogspot.com/2013/04/cara-agar-artikel-di-blog-tidak-dapat.html#sthash.JcEiggbH.dpuf Pariwisata Bali dan Global (Bali and Global Tourism): Pengalaman Training di Hotel

Jumat, Februari 04, 2011

Pengalaman Training di Hotel


By : I Kadek Dharma Yatna

Pada saat saya melakukan On The Job Training di hotel Dream's ada pengalaman menarik yang saya dapatkan. Pada bulan ketiga,saya bertugas di Pool Deck. Di outlet ini bertugas seorang supervisor,beliau memiliki peran yang penting dalam operasional. Sebelummemulai operasional kerja biasanya beliau memberikan beberapa pengarahan tentang jumlah hunian kamar(accoupency) di hotel hari itu. Disamping itu supervisor juga mengorganisasikan para staffnya besrta dengan training yang menyangkut pembagian tugas untuk masing-masing staff ataupun training. Di pool terdapat dua section yaitu disekitar pool utama(main pool) dan di sekitar pantai,masing-masing section disediakan satu stole/sidestand. Selam pelaksanaan operasional para staff dan training diawasi penuh oleh supervisor. Selain itu jika jumlah yang datang ke pool cukup banyak dan tidak dapat di tangani maka supervisor ikut membantu dalam taking order dan penyajian makan dan minum,begitu juga jika ada masalah atau complaint dari tamu maka beliau segera membantu. Khusus untuk di poolo terdapat papan(white board)yang digunakan oleh supervisor menulis tentang complimentary untuk tamu seperti sorbet dan fruit satay.

Di bulan terakhir saya bertugas di Jepun Restaurant yang khusus melayani brekfast,di section ini supervisor mengawasi staff dan training dari mulai preparing sampai closing. Disamping itu beliau membuat perencanaan jika ada tamu yang memesan meja untuk lunch,baik dari tata letak.set-up,sampai menu yang diinginkan tamu.


Fungsi-fungsi manajemen :
1. Planning
- Merencanakan tugas staff dan training selama operasional
- Merencanakan jumlah meja yang diperlukan sesuai jumlah tamu dan set-upannya

2. Organizing
- Sebelum operasional dimulai supervisor membagi tugas untuk masing-masing staff dan traing sesuai kemampuan.

3. Actuating/Directing
- Memberi arahan tentanh jumlah tingkat hunian kamar beserta special today menu dan makanan apa yang tidak bisa dijual.

4. Controlling
- Mengawasi kinerja staff dan training selama operasional dari preparing sampai clossing
- mengawasi kerja staff dan training apa sudah sesuai Standar Operasinal Prosedur hotel.

5. Evaluating
- Menulis hasil kinerja dan jumlah penjualan selama operasional dalam Log Book.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar