- See more at: http://dikaeuphrosyne.blogspot.com/2013/04/cara-agar-artikel-di-blog-tidak-dapat.html#sthash.JcEiggbH.dpuf Pariwisata Bali dan Global (Bali and Global Tourism): Pengalaman Training di Hotel

Jumat, Februari 04, 2011

Pengalaman Training di Hotel


By : Pariartha (FB II Semester IV Mapindo)

Banyak pengalaman yang saya dapatkan selama mengikuti traning di hotel PARI. Pengalaman merupakan hal yang sangat bermenfaat bagi kita. Karena dari pengalaman kita dapat belajar,apakah hal yang kita lakukan itu baik atau buruk.

Salah satu contoh pengalaman waktu saya training di hotel PARI. Dimana pada saat itu saya mengambil bagian FB product di “LAUT’ kitchen dan restaurantnya bernama “IKAN” restaurant yang khusus melayani breakfast. Excecutif chef akan membagi tugas kepada bawahan, dari senior cook dan cook yang bertugas untuk memasak dan membantu mempersiapkan bahan makanan yang akan digunakan untuk breakfast, sedangkan daily worker dan trainee ditugaskan untuk mempersiapakan bahan makanan yang akan digunakan untuk breakfast.Tapi ada juga tranee yang mendapatkan tugas di sation tertentu, misalnya : egg satition, nodle corner, tradisional corner, wafle corner dan fruit juice.

Khusus untk trainee, akan di berikan cara-cara kita memasak yang benar, bagaimana kita memotong buah yang benar, bagaimana memotong daging yang benar, bagaimana membuat order, dan mempersiapkan bahan-bahan makanan yang akan digunakan untuk breakfast. Demikian pengalaman saya yang berkaitan dengan supervisi yang telah saya dapatkan mengikuti on the job di hotel PARI.

PENGALAMAN TRAINING YANG BERHUBUNGAN DENGAN FUNGSI MANAJEMEN SESUAI DENGAN CERITA DI ATAS

a) Planninng : Dimana di IKAN restaurant mempersiapkan bahan-bahan makanan untuk breakfast, yang tentunya bahan makanan tersebut sudah sesuai dengan menu yang sudah direncanakan oleh excecutif chef.

b) Organising : Pembagian tugas kepada para staff. Para senior ditugaskan memasak menu yang telah ditentukan oleh excecutif chef dan tugas daily worker dan tranee yaitu mempersiapkan bahan-bahan makanan yang digunakan untuk breakfast.

c) Directing : Khusus tranee, akan diberikan cara-cara bagaimana memasak yang benar dan bagaimana memotong daging dan buah yang benar.

d) Controlling: Senior mengawasi kita pada saat memotong daging dan sayuran yang benar dan mengawasi kita padasaat memasak atau membuat order.

e) Evaluating : Senior akan mengevaluasi atau mengecek bahan makanan yang akan digunakan untuk breakfast apakah sudah lengkap atau tidak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar