- See more at: http://dikaeuphrosyne.blogspot.com/2013/04/cara-agar-artikel-di-blog-tidak-dapat.html#sthash.JcEiggbH.dpuf Pariwisata Bali dan Global (Bali and Global Tourism): Restoran

Sabtu, November 07, 2015

Restoran

Sejarah  dan Pengertian Restaurant

Sejarah Restaurant padatahun 1765 Monsieur Boulanger dari Perancis membuka restaurant sup di kotanya dan bertuliskan “Veniteadme Omnes Qui Stomach Laboratiset Ego Restaurabo Vo”, Yang artinya datanglah anda semua kepada saya bagi anda yang lapar, saya akan memulihkan kondisi anda . Tulisan tersebut mampu menarik perhatian orang yang lewat untuk masuk ke restaurant dan mencicipi sup yang di berikan nama le Restaurant Divin artinya obat yang menyegarkan. Kata restaurant berasal dari Bahasa Perancis, asal katanya dari “restaurer” yang artinya memulihkan kembali.

Gambar 1
Gudeg Jogja di Jalan Wijilan Yogyakarta



Gambar 2
Restoran Gudeg Tradisional
Informal Restoran dan Mengenyangkan





Pengertian Restoran

  1. MenurutAgusNawar, restoran adalah bagian dari suatu hotel yang ruang lingkup kegiatannya menyediakan makanan dan minuman untuk para tamu yang menginap di suatu hotel dan untuk kalangan umum.
  2. Menurut SK Mentri Pariwisata dan Komunikasi no. KM73.PW 105/MPPT-85 menjelaskan bahwa, restoran adalah suatu jenis usaha di bidang jasa pangan yang bertempat sebagian atau seluruh bangunan yang permanen di lengkapi dengan peralatan dan perlengkapan untuk proses pembuatan, penyajian, dan penjualan makanan atau minuman untuk umum.
  3. Menurut Suarthana (2006), restoran adalah tempat usaha yang komersial yang ruang lingkup kegiatannya menyediakan hidangan- hidangan serta minuman di tempat usahanya.
  4. Jadi, Restaurant dapat di artikan suatu tempat atau bangunan dimana para tamu dapat membeli dan menikmat imakanan dan minuman yang di organisir secara komersial dan menyelenggarakan pelayanan dengan baik kepada semua tamunya. Restaurant berada di dalam suatu hotel atau di luar bangunan hotel, kantor, ataupun pabrik.

Tujuan dari operasional  Restoran yaitu untuk mencari keuntungan serta memberi kepuasan  pada tamu, berupa pelayanan makan berikut minumannya. 

KLASIFIKASI RESTAURANT

Menurut Sugiarto dan Sulastiningrum (2001) pada dasarnya Restoran yang berada dalam suatu Hotel dapat di kelompokanmenjadi 3 yaitu :

Formal Dinning Room, Restoran yang terdapat dalam hotel, yang merupakan restaurant high class yang di ciptakan sedemikian eksklusif sehingga tamu-tamu tertentu saja yang dapat menikmati hidangan di restaurant ini. Faktor-faktor yang menyebabkan restaurant ini  terkesan sangat mewah yaitu : (i)peralatan yang mewah, (ii) cara pelayanan yang secara pribadi (private), (iii) harga makanan yang dijual cukup mahal, (iv)biasanya digunakan saat penjamuan makan yang lengkap dan resmi, (v) umumnya proses memasak makanan tertentu di depan tamu, (vi) biasanya menghidangkan full course dinner. 
Contoh formal dinning room, sebagai berikut:  (i) Grill Restoran (rotisserie), yaitu  restaurant untuk steak atau berbagai macam hidangan panggang yang dimana makanan tersebut di bakar menurut selera tamu; (ii) Cabaret atau Supper Club yaitu restoran yang pada umumnya mulai di buka menjelang larut malam, menyediakan makan malam bagi tamu- tamu yang ingin santai. Dekorasinya mewah, pelayanannya  megah. Band merupakan kelengkapan yang diperlukan pada saat tamu menikmati hidangannya.
Informal Dinning Room, adalah restaurant yang sifatnya tidak resmi/tidak formal yang dimana pihak hotel menyediakan fasilitas yang di butuhkan oleh restaurant tersebut, factor- factor yang menyebabkan restoran ini  tidak mewah: (i)pelayanannya sederhana,(ii) menampilkan menu yang sederhana, (iii)harganya relative murah dan (iv) restoran yang di buka untuk breakfast, lunch, dinner. Informal Dinning Room dapat di bedakan menjadi :

  1. Coffee Shop/ Brasseries adalah restaurant yang  mengutamakan pelayanan sangat cepat dan dalam suasana tidak resmi (informal). Harga makanan relative murah, biasanya beroperasi 24 jam dan makanan di siapkan Ready on the plate, kadang penyajiannya dilakukan dengancara buffet atau prasmanan.
  2. Pool Snack Bar adalah bar kecil yang terletak di tepi kolam sebuah hotel. Menyediakan minuman, makanan kecil dan makanan lainnya.
  3. Room Service adalah system pelayanan makanan dan minuman pada suatu hotel dimana tamu dapat memesan makanan dan minuman di dalam kamar dan pesanan tersebut akan diantarkan ke dalam kamar.
Specialties Dinning Room, adalah restaurant yang menyediakan makanan atau masakan khusus, masakan khusus tersebut biasanya sudah terkenal secara internasional. Suasana dan dekorasi seluruhnya pada restaurant ini disesuaikan dengan tipe khas makanan yang akan di sajikan, seperti Japanese Restaurant, Chinese Restaurant, dan Italian Restaurant.

Sedangkan menurut Marsum(2000 : 7-11) ada 7 klasifikasi restaurant yaitu :
1.    A’La Carte Restaurant
adalah Restaurant  yang telah mendapatkan ijin pemerintah untuk menjual makanan dan minuman yang lengkap dengan banyak variasi. Dimana konsumen bebas memilih sendiri makanan yang mereka kehendaki dimana jenis makanan memiliki harga tersendiri yang berbeda-beda.
2.        Table D’hotel Restaurant
Adalah suatu Restaurant yang khusus menjual menu Table D’hote, yaitu susunan menu  yang lengkap (dari hidangan pembuka sampai penutup) dengan menu yang telah ditentukan pula.
3.        Caferiaatau Café
adalah restaurant kecil yang mengutamakanpenjualan cake (kue- kue), sandwich (roti isi), kopi dan teh. Pilihan makanannya terbatas dan tidak menyediakan minuman beralkohol.
4.        Inn Tavern
adalah Restaurant dengan harga yang terjangkau yang dikelola oleh perorangan di tepi kota.
5.        Snack Bar atau Milk Bar
adalah Restaurant dengan tempat yang tidak begitu luas yang sifatnya tidak resmi dengan pelayanan yang tepat dimana konsumen membeli makanannya sendiri dan dibawa sendiri ke meja makan.
6.        Speciality Restaurant
adalah restaurant yang suasananya di sesuaikan dengan tipe khas makanan yang di sajikan
7.        Family Type Restaurant
adalah restaurant sederhana yang menghidangkan makanan dengan harga yang relative murah terutama menyediakan makanan dan minuman kepada tamu keluarga ataupun rombongan.
Adapunjenis- jenisRestoran lain di antaranya :
1.      Continental Restaurant
Adalah restoran yang menitikberatkan hidangan continental, pilihan dan pelayanan yang megah, suasananya santai, disediakan bagi tamu yang ingin menikmati makananya secarasantai.
2.      Discotique
Adalah restoran yang pada prinsipnya tempat dansa sambi lmenikmati alunan music. Kadang- kadang menampilkan live band. Bar adalah salah satu fasilitas utama untuk sebuah Discoutique. Hidangan yang tersedia pada umumnya berupa snack.
3.      Fish and Chip Shop
Adalah restoran dimana kita dapat membeli macam- macam kripik (chips) dan ikan goreng, kemudian di bungkus dalam kertas dan di bawa pergi. Jadi makanan tersebut tidak di makan di tempat tersebut.
4.      Pizzeria
Adalah restoran yang khusus menjual pizza, kadang juga berupa spaghetti serta makanan khas Italian yang lain.
5.      Pancake House/ Creperie
Adalah restoran yang khusus menjual pancake serta crepes yang diisi dengan macam manisan di dalamnya.
6.      Pub
Adalah restoran yang merupakan tempat hiburan yang telah mendapatkan izin untuk menjual beer serta minuman beralkohol lainnya. Para tamu mendapatkan minumannya dari counter, pengunjung dapat menikmati sambil berdiri ataupun duduk di kursi (tempat menikmati minuman). Hidangan yang tersedia berupa snack, pies, dan sandwhich.
7.      Gourment
Adalah restoran yang berkelas, memerlukan suasana yang sangat nyaman, dengan dekorasi yang artistic. Di tujukan bagi mereka yang menuntut standar penyajian yang tinggi, di samping itu makanan juga disajikan minuman wine and liquors.
  
DAFTAR PUSTAKA
  1.  Marsum Widjojo Atmodjo,1993; Restorant dengan segala permasalahannya. Penerbit Andi, Yogyakarta.
  2.  Drs. M.Torsina ,2000; Usaha Restoran Yang Sukses, PT. BuanaIlmuPopuler, Jakarta
  3. I Made Subrata S.pd ; TettyDoranaPurbaS.pd 2014 : Tata Hidangan, DinasPendidikandanOlahragaKabupatenGianyar
  4.  http://madebayu.blogspot.co.id/pengertian-hotel-dasn-restaurant.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar