- See more at: http://dikaeuphrosyne.blogspot.com/2013/04/cara-agar-artikel-di-blog-tidak-dapat.html#sthash.JcEiggbH.dpuf Pariwisata Bali dan Global (Bali and Global Tourism): Kersos Desa Wisata, Bongkasa Bali

Senin, Oktober 17, 2011

Kersos Desa Wisata, Bongkasa Bali

Pada hari Jumat, tanggal 14 Oktober 2011, telah diadakan Kerja Sosial di Desa Wisata Bongkasa, Kecamatan Abian Semal, Badung, Bali. Kerja sosial ini merupakan wujud nyata dari pengamalan Tri Darma Perguruan Tinggi di bidang Pengabdian masyarakat. Besertakan 150 Mahasiswa, dan 30 orang dosen, dilengkapi dengan 300 pohon albesia, pasukan STIPAR Triatma Jaya melakukan kegiatan (i) Penghijauan, (ii) Pembersihan lingkungan dan (iii) Ceramah mengenai pengembangan desa wisata, pengembangan sumber daya manusia pariwisata.

Dibawah ini adalah rekaman aktivitas selama mengikuti kersos yang luar biasa!

Gambar 1
Mahasiswi Mahasiswi Membersihkan Lingkungan
Terlihat dari wajah dan semangatnya untuk membersihkan lingkungan dan melakukan penanaman pohon penghijauan. Mahasiswa STIPAR Triatma Jaya memang dididik dan dilatih untuk peduli terhadap lingkungan sekitar, bekerja dengan senyuman (anti JUTEK Style), dan terus bersemangat!!!

Gambar 2
Daya Tarik Wisata, "SPA" di Telabah
Kegiatan ini dilakukan sambil menikmati santap siang di Wantilan Pure Dalem Bongkasa. Sungguh nikmat rasanya merendam kaki, terasa sejuk dan nyaman, membuat kaki bebas bau dan segar kembali untuk melakukan aktivitas berikutnya

Gambar 3
Kori Desa Bongkasa
Ini sebuah pemandangan dan potensi unik yang dimiliki desa bongkasa, yakni berbagai macam jenis kori, tempo doeloe yang tetap dipertahankan sampai sekarang. Coba perhatikan, selalu ada anjing yang setia menjaga rumah penduduk...sebuah keunikan dan keindahan tersendiri!

Gambar 4
Halo Mbah? Punapi Gatrane?
Kalau lihat gambar ini, teringat nenek di kampung, wala mengintip, tetap antusias mengamati apa yang terjadi di lingkungan sekitar. Selamat Pagi Mbah!!!

Gambar 5
Persiapan Menjelang Penanaman Pohon Albesia
Para mahasiswa berbaris dan berkordinasi untuk segera menanam pohon dan membersihkan lingkungan. Mahasiswa STIPAR Triatma Jaya adalah pekerja keras yang peduli dengan lingkungan dan siap mengabdi pada lingkungan sekitar



Gambar 6
Kori Yang selalu ada Penjaganya
Nahhh...setiap kori ada anjingnya yang lucu dan sedikit'manis' dengan senyum!

Gambar 7
Penanaman Pohon Perdana
Ketua STIPAR Bapak Sutapa Beserta Kades Bongkasa Bapak Wayan Jendera
Semoga tahun depan ada lagi KERSOS ya Pak!

Gambar 8
Penulis Juga Ikut Serta Menanam Pohon

Gambar 9
Mahasiswa Mendengarkan Ceramah Kades Mengenai Potensi Wisata Desa Bongkasa

Setelah diamati, ternyata desa Bongkasa memiliki potensi wisata yang luar biasa di bidang arung jeram, dan kesenian. Perlu diketahui saat ini desa bongkasa memiliki tari bingin yang unik yang ada hanya di desa bongkasa. Ini merupakan potensi yang dapat terus dikembangkan di masa depan. Aura desa bongkasa terasa asri dan mistis. Jika saudara tertarik menekuni dunia spiritual sambil berwisata, ada beberapa tempat yang dapat dikunjungi.

Terimakasih Tuhan, kegiatan ini terlaksana dengan baik berkat pimpinan Bapak Sutapa, kerjasama yang baik dari tim : Bu Dewi Irwanti, Pak Yogi, Pak Arta, Pak Bayu, Pak Surya, Pak Budi, Pak Wiantara, Evi, Bu Ayu, Bu Rini dan Seluruh Senat Mahasiswa STIPAR Triatma Jaya : Yudi, Endra, Koka, Agus, Juju dkk, beserta mahasiswa DIII semester 3 dan 5.

1 komentar:

  1. jangan lupa juga pak anak semester 1 juga turut serta dalam kegiatan ini..
    sebelum mereka komplain...hahahahhahaha

    BalasHapus