Kamis, Oktober 29, 2009

Pengertian Wisatawan

Menurut Undang-undang no 10 thn 2009 tentang kepariwisataan disebutkan wisatawan adalah orang yang melakukan wisata. Sedangkan Sihite (2000:49) pengertian wisatawan dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Wisatawan nusantara adalah wisatawan dalam negri atau wisatwan domestik.

2. Wisatawan mancanegara adalah warga negara suatu negara yang mengadakan perjalanan wisata keluar lingkungan dari negaranya (memasuki negara lain).

Menurut IUOTO (International Union of Official Travel Organization), dalam Gamal Suwantoro (2009:4) menggunakan batasan mengenai wisatawan secara umum: pengunjung (visitor) yaitu setiap orang yang datang ke suatu negara atau tempat tinggal lain dan biasanya dengan maksud apapun kecuali untuk melakukan pekerjaan yang menerima upah. Jadi ada dua kategori mengenai sebutan pengunjung, yakni:

1. Wisatawan (tourist) adalah pengunjung yang tinggal sementara, sekurang-kurangnya 24 jam di suatu negara. Wisatawan dengan maksud perjalanan wisata dapat digolongkan menjadi :

a. Pesiar (leisure), untuk keperluan rekreasi, liburan, kesehatan, study, keagamaan, dan olahraga.

b. Hubungan (relationship), dagang, sanak saudara, kerabat, MICE, dsb.

2. Pelancong (ekscursionist) adlah pengunjung sementara yng tinggal dalam suatu negara yng dikunjungi dalam waktu kurang dari 24 jam.

Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa wisatawan adalah orang-orang yang melakukan kegiatan perjalanan dengan tujuan memperoleh kesenangan, tidak untuik bekerja, menetap, dan mencari nafkah.

5 komentar:

  1. fajar (fajar_kurniawan_88@yahoo.co.id)20 Juni 2011 pukul 10.57

    minta daftar pustaka'y donk.....
    buat referensi

    BalasHapus
  2. pariwisata di Indonesia alamnya sangat bagus dan sudah terkenal di mancanegara, tinggal kita kelola dan kembangan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, kami siap membantu dengan Konsep seperti ini

    BalasHapus
  3. Quite interesting to observe the type and character of domestic tourists. Travelers are people who do travel , or traveling to a place with the intention of traveling, seeing other areas ,
    togel singapura

    BalasHapus
  4. artikel yang bagus gan, tetap bnerkarya dan jangan lupa kunjungi website kami kembali. tks.

    BalasHapus