- See more at: http://dikaeuphrosyne.blogspot.com/2013/04/cara-agar-artikel-di-blog-tidak-dapat.html#sthash.JcEiggbH.dpuf Pariwisata Bali dan Global (Bali and Global Tourism): Pengertian Manajemen

Senin, Maret 28, 2011

Pengertian Manajemen


Di bawah ini dikemukakan pendapat beberapa ahli tentang pengertian manajemen sebagai berikut :

Menurut James F Stoner yang dikutip oleh Amirullah (2002-4) manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya lain yang ada dalam organisasi guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Menurut Susilo Martoyo (2000-3) manajemen adalah “bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, interprestasikan dan mencapai tujuan organisasi dengan fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan dan kepemimpinan dan pengawasan”.

M. Manullang menyatakan bahwa manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan dan pengawasan sumber daya untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa manjemen adalah suatu proses pengadaan, pengembangan dan pemanfaatan sumber daya manusia melalui fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan untuk mencapai tujuan organisasi. Dari hal tersebut diatas ada beberapa unsur penting yang terkandung di dalamnya, yaitu ;

1. Ada proses atau rangkaian kegiatan yang terus menerus.

2. Adanya tujuan yang ingin dicapai.

3. Dalam mencapai tujuan dilibatkan orang banyak


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar