- See more at: http://dikaeuphrosyne.blogspot.com/2013/04/cara-agar-artikel-di-blog-tidak-dapat.html#sthash.JcEiggbH.dpuf Pariwisata Bali dan Global (Bali and Global Tourism): Pengertian History of Sales dalam Analisis Menu

Senin, April 05, 2010

Pengertian History of Sales dalam Analisis Menu

Untuk mengetahui tingkat popularitas menu, pengusaha jasa boga perlu membuat History of Sales atau Sales Mixs. Menurut Abers (dikutip oleh Sudiara, 2000: 42) disebutkan bahwa :“Sales history is detailed record showing actual sales of menu items for catering outlet, yang artinya, suatu catatan yang rinci yang menunjukkan jumlah porsi makanan yang sesungguhnya (senyatanya) terjual pada sebuah restoran (catering outlet)”.

Menurut Stanton, (dikutip oleh Sudiara, 2000:43) menyatakan bahwa :
The Sales History is the food service operation daily log record are kept of the day’s customer count, total revenue and overall cost, as well as weather condition and any special events that might affect business, artinya : History of Sales adalah catatan harian bagi operasi penjualan makanan dan minuman, catatan dibuat untuk menunjukkan jumlah tamu yang datang tiap hari, jumlah pendapatan dan biaya, kondisi cuaca, dan catatan khusus yang mungkin ada hubungannya dengan usaha (business).

Melalui beberapa pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa History of Sales adalah catatan harian terhadap jumlah porsi yang mampu terjual. Catatan ini perlu dibuat akurat sehingga hasil analisisnya pun akan lebih akurat digunakan sebagai data untuk mengambil keputusan atau tindakan peningkatan penjualan dan memenangkan persaingan .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar