- See more at: http://dikaeuphrosyne.blogspot.com/2013/04/cara-agar-artikel-di-blog-tidak-dapat.html#sthash.JcEiggbH.dpuf Pariwisata Bali dan Global (Bali and Global Tourism): PEMASARAN PARIWISATA 2 (CHANNEL OF DISTRIBUTION)

Selasa, April 14, 2009

PEMASARAN PARIWISATA 2 (CHANNEL OF DISTRIBUTION)



  1. Teknologi akan merubah saluran distribusi dalam industri layanan dan perjalanan. Dengan adanya teknologi, tentunya akan memotong saluran distribusi. Yang dimaksud memotong saluran distribusi disini, tentunya adalah banyak perantara-perantara dalam satu saluran distribusi akan hilang. Hal ini disebabkan karena kecanggihan teknologi yang dapat memberikan informasi dalam hitungan detik.Sebagai contoh saat ini banyak wisatawan yang memesan langsung paket wisata melalui internet.

  2. Perjalanan internasional merubah saluran distribusi layanan dan perjalanan. Dengan adanya perjalanan internasional, maka makin banyak dibutuhkan saluran distribusi. Disini peranan saluran distribusi adalah meningkatkan efektifitas dan efisiensi perjalanan. Sebagai contoh, misalnya Mr. John berasal dari Inggris ingin melakukan perjalanan internasional menuju asia tenggara. Daerah tujuan yang ingin dilalui misalnya : Milan, Frankfurt, Singapore dan Bali. Perjalanan ini dilakukan selama dua minggu. Disini Mr.John membutuhkan sarana transportasi, akomodasi dan restaurant, objek wisata dan transportasi lokal. Makin banyak daerah tujuan wisata yang ingin dikunjungi, maka makin banyak pula jasa biro perjalanan lokal yang dibutuhkan untuk memudahkan Mr.John dalam menikmati perjalanan wisata yang dilakukannya. Dengan adanya biro perjalanan, maka kenyamanan, keamanan dan nilai ekonomis dari perjalanan Mr.John akan terjamin.

  3. Perbedaan utama saluran distribusi produk tangible dengan saluran distribusi layanan dan perjalanan adalah terletak pada produk yang di pajang. Untuk saluran distribusi produk tangible, dibutuhkan tempat penyimpanan dan pemajangan produk yang cukup luas, sedangkan untuk saluran distribusi produk layanan dan perjalanan tidak dibutuhkan tempat yang luas, karena produk yang ditawarkan tidak nyata, dalam hal ini cukup sebuah kantor atau konter kecil yang mampu mendisplay brosur dan formulir pemesanan. Hal lain yang membedakan adalah keterampilan petugas saluran distribusi produk intangible dituntut lebih tinggi dari pada produk tangible, karena fungsi petugas pelayanan disini adalah sebagai perwakilan/representatif yang diharapkan mampu mentransfer produk intangible menjadi lebih tangible.

  4. Dapatkah suatu perusahaan memiliki terlalu banyak anggota dalam saluran distribusi? Jelaskan!. Jawaban pertanyaan ini tergantung pada seberapa besar perusahaan tersebut. Makin besar perusahaan, misalnya hotel chain, dengan produk (produk lini yang luas dan dalam), tentunya akan membutuhkan banyak anggota dalam saluran distribusinya, dengan alasan untuk mempermudah penjualan dan pemasaran produk. Sebagai contoh hotel Grand Hyatt, bekerja sama dengan Tour Operator di manca negara seperti : Tirol, Asia Voyage, JTB dsb, belum lagi Biro perjalanan wisata nasional maupun lokal, seperti :Bayu buana, penjor tour, BMW Tour sampai dengan perseorangan. Akan tetapi untuk perusahaan kecil, misalnya hotel kecil yang terdiri dari puluhan kamar, tentunya tidak membutuhkan banyak anggota dalam saluran distribusinya, karena dikhawatirkan tidak efektif dan menimbulkan persaingan komisi yang tidak sehat antar anggota dalam saluran distribusi tersebut.

  5. Beda antara pedagang besar perjalanan dengan agen perjalanan, adalah: (i) pedagang besar perjalanan berfungsi sebagai distributor wisatawan dalam jumlah besar yang mensuplai kepada agen perjalanan. (ii) Pedagang besar perjalanan memilki tugas wewenang dalam satu wilayah regional tertentu sedangkan agen perjalanan beroprasi di satu atau beberapa wilayah negara.

  6. Berdasarkan hak waralaba internasional antara 30-50% hak antara.....

  7. Penggunaan situs untuk resevasi, pengguna dan apakah rancangan dari situs tersebut efektif? Disini kami menggunakan situs http://www.hotel/ Bali.co.id , situs ini efektif, karena memuat formulir yang dibutuhkan untuk reservasi dan terhubung langsung dengan petugas reservasi hotel, beserta jaminan pembayaran berupa kartu kredit. Namun demikian berdasarkan indormasi yang diperoleh, pemesanan melalu internet/situs ini menduduki peringkat terbawah dari sumber pemesanan. Sumber pemesanan terbesar masih di pegang biro perjalanan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar