- See more at: http://dikaeuphrosyne.blogspot.com/2013/04/cara-agar-artikel-di-blog-tidak-dapat.html#sthash.JcEiggbH.dpuf Pariwisata Bali dan Global (Bali and Global Tourism): Pengelolaan Sumber Daya Manusia pada Hotel Cornwall

Kamis, Mei 07, 2015

Pengelolaan Sumber Daya Manusia pada Hotel Cornwall

Hotel Cornwall adalah sebuah hotel dengan kepemilikan tunggal, sebuah hotel bintang tiga yang terletak di Newquay, Cornwall, UK. Hotel ini memiliki 108 kamar dengan mempekerjakan 30 orang full time staffs dan kurang lebih 40 orang part time staffs. Pada saat musim ramai antara bulan May ke Agustus, manajemen melipat gandakan jumlah pegawai dengan menambah pekerja tidak tetap yang bersumber dari pasar kerja setempat. Keadaan bisnis di Cornwall, sangat fluktuatif dan sangat ekstrim, dimana pada musim ramai keadaan menjadi sangat ramai, sebaliknya padamusi  sepi, keadaan menjadi sangat sepi. Hal ini pula yang menyebabkan banyak hotel yang tidak beroprasi pada musim sepi. Namun demikian Hotel Cornwall selalu beroprasi penuh setiap tahun.Pada musim sepi, manajemen Hotel Cornwall biasanya menawarkan paket harga yang murah untuk kegiatan konfrensi, rapat, maupun kegiatan  team building pada perusahaan-perusahaan setempat.
Memiliki 70 orang pegawai bukanlah hal yang mudah bagi manajemen HC untuk mempertahankannya. Hal ini disebabkan karena karyawan HC memiliki kemampuan di atas rata-rata industri perhotelan setempat. Hal ini disebabkan karena manajemen menggunakan waktu yang sangat efektif dalam melakukan kegiatan pengembangan skill, knowledge, attitude, job enrichment, job enlargement, pada setiap karyawannya khususnya pada saat musim tidak ramai (low occupancy). Oleh karena itu, banyak hotel-hotel lain yang berupaya untuk 'membajak' karyawan HC dengan iming iming gaji yang lebih tinggi. Kondisi ini menyebabkan HC menerapkan sistem punishment dan reward yang sangat efektif, misalnya memberikan penghargaan berupa employee of the month, employee of the year, supervisor of the month, manager of the year. Manajemen sangat memperhatikan kesejahteraan karyawan intinya yang sebanyak 70 orang tersebut.
Pada saat musim ramai, yakni summer, manajemen menggunakan tambahan tenaga kerja yang tersedia pada pasar kerja lokal. Kemampuan tenaga kerja tambahan ini sangat rendah, karena motivasi kerja hanya sekedar untuk mencari uang yang digunakan untuk bersenang-senang menikmati kehidupan malam di Cornwall. Seringkali permasalahan muncul akibat menggunakan tenaga kerja ini, misalnya perselisihan antara karyawan inti dengan tenaga tambahan ini yang dibayar dibawah standar upah minimum nasional.

Pertanyaan :
1. Apakah permasalahan utama yang dihadapi manajemen Hotel Cornwall?
2. Apakah Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman yang dihadapi Hotel Cornwall?
3. Apakah potensi masalah yang akan muncul dalam pengelolaan Sumber daya manusia di Hotel Cornwall?
4. Upaya apa saja yang sebaiknya dilakukan manajemen dalam mengatasi kelangkaan sumber daya manusia khususnya pada musim ramai (high season)?

1 komentar:

  1. Syukur alhamdulillah saya ucapkan kepada ALLAH karna atas kehendaknya melalui MBAH RAWA GUMPALA saya sekaran sudah bisa buka toko sendiri dan bahkan saya berencana ingin membangun hotel dan itu semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya tidak pernah menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini,atas bantuan MBAH RAWA GUMPALA yang telah memberikan nomor selama 3x putaran dan alhamdulillah itu semuanya tembus bahkan beliau juga membantu saya dengan dana ghaib dan itu juga benar benar terbukti,MBAH RAWA GUMPALA juga menawarkan minyak penarik kepada saya dan katanya minyak ini bisa digunakan untuk berbagai jenis keperluan dan baru kali ini saya temukan paranormal yang bisa dipercaya,,bagi teman teman yang ingin dibantu untuk dikasi nomor yang benar benar terbukti tembus atau dana ghaib dan kepengen ingin membeli minyak penarik silahkan hubungi MBAH RAWA GUMPALA di 085316106111 ini benar benar terbukti nyata karna saya sendiri yang sudah membuktikannya. BUKA BLOG MBAH RAWA GUMPALA

    BalasHapus