- See more at: http://dikaeuphrosyne.blogspot.com/2013/04/cara-agar-artikel-di-blog-tidak-dapat.html#sthash.JcEiggbH.dpuf Pariwisata Bali dan Global (Bali and Global Tourism): B A L I

Jumat, Juni 21, 2013

B A L I

 Kata Bali muncul pertama kali dalam prasasti Blanjong di Desa Blanjong, Sanur yang dibuat Tahun 835 Saka (913 Masehi) yang dikeluarkan oleh Raja Sri Kesari Warmadewa. Pada prasasti itu, Pulau Bali disebut Bali Dwipa. Kata Bali berarti : Kembali, persembahan, sesaji, kurban untuk mohon pengampunan,sungguh,pasti. Sedangkan kata Dwipa berarti   Pulau. Berdasarkan pengertian tersebut, Bali Dwipa adalah Pulau Persembahan, Pulau Pengorbanan (yadnya), Pulau tempat mohon pengampunan, atau Pulau kembali. Selanjutnya dalam sumber-sumber sastra seperti babad, purana, pamancangah,  Pulau Bali disebut 'Bangsul' atau 'Wangsul' yang diambil dari bahasa Jawa yang berarti kembali.
 Propinsi Bali merupakan provinsi dengan wilayah yang relatif sempit dibandingkan provinsi-provinsi lainnya yang berada dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dengan luas 5.632.860 meter persegi, yang terdiri dari Pulau Bali,  Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Ceningan, Pulau Serangan,  serta Pulau Menjangan. Secara administratif, Provinsi Bali terdiri dari 8 Kabupaten (Badung, Tabanan, Negara, Buleleng, Karang Asem, Bangli, Gianyar, Klungkung) dan 1 Kota Madya Denpasar yang kesemuanya terbagi dalam 53 kecamatan, 674 Desa/Kelurahan, 3945  Banjar/Dusun dan 1399 Desa Adat.

Pulau Bali memiliki letak yang sangat strategis, karena menghubungkan lalulintas darat dan laut antara Jawa dan Nusa Tenggara. Bali juga terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia. Ditengah-tengah Pulau Bali terdapat deretan Gunung-gunung, seperti Gunung Agung (3.142 meter), Gunung Batur (1.717 meter), Gunung Abang (2.152 meter), dan Gunung Batu Karu (2.276 meter). Di Bali terdapat 4 danau, diantaranya Danau Batur (1.607,5 Ha),  Danau Beratan (375,6 Ha),  Danau Buyan (336 Ha) dan Danau Tamblingan (110 Ha). Sungai-sungai yang bersumber dari hutan dan danau seperti Sungai Unda, Sungai Petanu, Sungai Ayung, Sungai Pulukan, Sungai Loloan dan lain-lain.




Refrensi : 
Putra Agung,AA Gde, 2003,BALI Objek dan Daya Tarik Wisata (Buku Panduan Pramuwisata), Edisi Pertama, Cetakan keempat, Denpasar : Dinas Pariwisata Provinsi Bali dan DPD HPI Bali

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar