- See more at: http://dikaeuphrosyne.blogspot.com/2013/04/cara-agar-artikel-di-blog-tidak-dapat.html#sthash.JcEiggbH.dpuf Pariwisata Bali dan Global (Bali and Global Tourism): Tantangan Mahasiswa Perhotelan

Sabtu, Januari 22, 2011

Tantangan Mahasiswa Perhotelan


Sebagai seorang mahasiswa pariwisata, khususnya yang mengambil jurusan perhotelan, merupakan sebuah impian jika kelak dapat berkarir di bidang perhotelan. Suatu hal yang membanggakan pada umumnya jika mahasiswa mampu bekerja di hotel berbintang lima atau bekerja di kapal pesiar. Hal ini wajar saja karena memang itulah yang diharapkan ketika mahasiswa berhasil menyelesaikan masa studinya.

Namun jika dilihat pertumbuhan lapangan kerja yang tidak sebanding dengan pertumbuhan jumlah pencari kerja, di mana lebih banyak pencari kerja dari pada industri perhotelan yang membutuhkannya, tentunya membuat rasa pesimis. Belum lagi pesaing pencari kerja dari luar negeri, seperti filipina, india, malaysia dan vietnam. Khusus Vietnam, tenaga kerja perhotelan memiliki kemampuan Bahasa Inggris lebih baik dan mau di bayar lebih murah.

Meskipun belum ada data yang pasti, kebanyakan jumlah tenaga kerja perhotelan yang berangkat ke luar negeri (kapal pesiar dan hotel-hotel di darat) pada umumnya menempati posisi pelaksana (crew), jarang sekali yang mampu menembus level middle management. Namun inilah kenyataan yang di hadapi.

Oleh karenanya, yang harus disiapkan mahasiswa perhotelan ke depan adalah :
1. Kemampuan berbahasa Inggris dengan baik
2. Kemampuan berbahasa asing lainnya dengan baik
3. Memiliki sikap hospitality yang sangat baik
4. Mengikuti program training pada hotel berbintang lima yang memiliki standar internasional
5. Percaya diri

Hal ini juga merupakan tantangan bagi segenap institusi pendidikan untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan, sehingga lulusan yang dihasilkan mampu memenuhi standar kebutuhan pasar kerja internasional.

3 komentar:

  1. Maaf kak numpang tanya, kalo daftar universitas di bali yang ada fakultas perhotelan dimana aja ya kak ? Maaf ganggu sebelumnya, thank you..

    BalasHapus
  2. Coba cek Sekolah Tinggi Pariwisata Bali




    BalasHapus
  3. Coba cek Sekolah Tinggi Pariwisata Bali




    BalasHapus