- See more at: http://dikaeuphrosyne.blogspot.com/2013/04/cara-agar-artikel-di-blog-tidak-dapat.html#sthash.JcEiggbH.dpuf Pariwisata Bali dan Global (Bali and Global Tourism): Ujian Nasional

Selasa, April 27, 2010

Ujian Nasional

Saat ini sedang asik-asiknya masyarakat mengamati tentang ujian nasional. Tentu saja, karena ujian nasional sangat menentukan masa depan siswa. Jika lulus, tentunya segera menghadapi tantangan yang baru lagi, kalau tidak lulus yaa harus berkutat lagi supaya lulus. Tidak kalah serunya pada tanggal 26 April 2010 pengumuman ujian nasional sudah diumumkan. Hasil cukup menggembirakan, ternyata di Bali masih menempati peringkat tertinggi kelulusan (89,70%), meskipun mengalami penurunan angka kelulusan dari tahun tahun sebelumnya.

Kalau kita jeli, sebenarnya moment pengumuman ujian nasional ini dapat dikemas sebagai atraksi wisata, yang mampu menarik wisatawan untuk datang ke Bali. Kenapa demikian? karena pada saat pengumuman ujian nasional, khususnya di Bali, seluruh siswa menggunakan pakaian adat Bali...(ada sisi uniknya), kemudian ada unsur emosi (lulus ataukah tidak lulus). Paket wisata ini tentunya harus diseleksi lokasinya, pilihlah sekolah-sekolah yang keamanannya terjamin dan sekolah tersebut memiliki unsur sapta pesona. Yang paling penting adalah kegiatan promosi jauh-jauh hari sebelumnya.

Kembali ke Ujian Nasional, sebenarnya belum semua sekolah dapat melaksanakan ujian nasional, karena tidak semua sekolah memiliki standar yang sama. Bagaimana dengan sekolah-sekolah yang ada di pelosok terpencil? (papua, flores, sumba dan daerah kepulauan)..Benar kata Pak SBY, kalau ujian nasional perlu ditinjau ulang. Meskipun maksudnya baik, antara lain untuk peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia tapi pemerintah mestinya juga tidak menutup mata terhadap fenomena-fenomena yang terjadi di daerah terpencil tadi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar