- See more at: http://dikaeuphrosyne.blogspot.com/2013/04/cara-agar-artikel-di-blog-tidak-dapat.html#sthash.JcEiggbH.dpuf Pariwisata Bali dan Global (Bali and Global Tourism): Praktik Kerja Nyata pada Hotel dan Kapal Pesiar

Sabtu, April 03, 2010

Praktik Kerja Nyata pada Hotel dan Kapal Pesiar


Untuk menjadi tenaga profesional dibidang pariwisata, khususnya hotel dan kapal pesiar dibutuhkan program pendidikan dan pelatihan. Saat ini di Bali khususnya ada banyak sekolah yang menyelenggarakan program tersebut. Ada berbentuk sekolah tinggi, balai pendidikan dan latihan, pusat pendidikan dan latihan, akademi, bahkan mulai dari sekolah menengah kejuruan.Misalnya saja untuk jenjang perguruan tinggi, saat ini ada Sekolah Tinggi Pariwisata Triatma Jaya (STIPAR Triatma Jaya), MAPINDO (Manajemen Pariwisata Indonesia) dan lembaga lembaga lainnya.

Bukan hanya teori saja yang dibekali, tetapi program pelatihan, praktek kerja nyata (training) pada bidang-bidang khusus perhotelan seperti akomodasi (room division : front office dan house keeping), Restaurant dan catering (food and beverage product dan food and beverage service), hotel accounting, human resouces dan hospitality marketing. Praktek kerja nyata dilakukan pada hotel-hotel berbintang di Bali, Kapal pesiar dan hotel-hotel berbintang di luar negeri. Misalnya pada STIPAR Triatma Jaya mengadakan program pelatihan pada Costa Cruciere (Kapal Pesiar), Miramar Hotel (Singapore), Westin (Nusa Dua), Hard Rock Hotel (Bali). Lamanya wakru pelatihan berkisar enam bulan sampai dengan satu tahun.

Dengan melaksanakan praktek kerja nyata, diharapkan peserta didik nantinya mampu bekerja dan bersaing secara profesional dalam konteks global. Hasil dari program ini sudah nampak, dimana hampir keseluruhan peserta didik (mahasiswa) sudah bekerja di industri pariwisata dengan menduduki berbagai posisi mulai dari crew (staff), lower management (supervisor), midle management (departement head) sampai top management (General Manager)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar