- See more at: http://dikaeuphrosyne.blogspot.com/2013/04/cara-agar-artikel-di-blog-tidak-dapat.html#sthash.JcEiggbH.dpuf Pariwisata Bali dan Global (Bali and Global Tourism): EKOWISATA dan PARIWISATA DUNIA

Rabu, Februari 03, 2010

EKOWISATA dan PARIWISATA DUNIA

Ekowisata di Costa rica tidak terorganisir sampai akhir tahun 1970 –an. Kebanyakan dari 300.000 wisatawan yang datang berasal dari Amerika Serikat menjadikan kota San Jose sebagai tjuan wisata. Ekowisata pertama kali diprakarsai oleh pihak swasta antara lain Costa Rica Travel & Expedition, Costa Takal Rican –Owned dan Horizontes pada tahun 1980-an.

Pariwisata di daerah – daerah sulit
Studi kasus Bradford, Bristol, Glasgow dan Hamm.
Pengembangan pariwisata di daerah daerah sulit seperti Bradford, Bristol, Galssgow dan Hamm mengalami kesulitan atara lain: jumlah pengunjng yang sangat sedikit, kondisi sosial ekonomi yang kurang baik, dan tidak adanya infrastruktur pariwisata. Potensi daerah dan strategi tertentu telah diteliti sehingga akhirnya dapat disimpulkan bahwa daerah tersebut hanya bisa dipasarkan dalam pasar tertentu. Pemanfaatan sumber daya manusia yang dilakukan sejauh ini untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

Organisasi Kepariwisataan
Pengelolaan pariwisata sebagai suatu aktivitas telah mengalami perbahan organisatoris, berada di bawah suatu manager pemasaran. Anggaran ditetapakan pada tahun 1980 adalah  100.000 dan meningkat pada tahu 1984 menjadi 125.000.


Sumber Daya Manusia
Bradford
Ada 80 lebih tour operator menjual/memasarkan daerah ini. Bradford memiliki musium nasional, warisan yang unik, yang berpusat pada industri wol, jalan kereta api, air lembah yang bernilai tinggi, budaya, dan Howarth tempat ziarah yang paling populer serta yang berkaitan dengan keususastraan dadalh Stafford. Acara – acara televisi telah mengarahkan perhatiannya pada sumber daya alam yang ada. Moorland Liikely dab Haworth, dan menarik pengunjung ke Yorkshire utara dan Scotlandia. Pemasaran pariwisata ini sangat berhasil dehingga mendapat penghargaan dalam pengembangan kepariwisataan tahun 1982. Pengembangan pariwsiata pada saat itu telah menarik modal yang dimiliki perseorangan. Hotel – hotel dibangun secara besar – besaran. Dewan keuangan telah menginvestasikan banyak uang untuk membangun Hall George (aula) untuk konser – konser atau pertemuan. Delius Festival pada Bulan Mei 1985, Gelanggang balapan mobil kelas dunia menjadi daya tarik dan Bali musik Alhambra diperbaharui dengan menelan biaya yang sangat banyak. Investasi lain yang dilakukan adalah memperbaiki infrastruktur yang rusak seperti perluasan Leeds/pelabuhan udara Bradford agar dapat menarik lebih banyak pengunjung.

Yang menjadi ancaman dalam pengembangan pariwisata di Bradford adalah
1. kondisi sosial ekonomi yang msih lemah di daerah tertinggal di suatu kota yang memiliki populasi imigrasi tinggi.
2. Rendahnya pendapatan daerah/regional
3. Tidak adaya sumber daya untuk pengembangan pariwisata
4. Persiangan yang tinggi dalam liburan jangka pendek.

Bristol
Pemasukan di daerah ini tidak wajar Sampai pada ditemukannya pelabuhan mengapung di Bristol. Pelabuhan ini telah dikembangkan/dipilih dalam proyek percontohan di sebuah program tourism development action program (TDAP). Strategi pemasaran yang dilakukan adalah memasarkan kepada pengunjung asing yang datang dalam jangka pendek dan kepada special interest tourist. Melakukan konfrensi dan pameran – pameran juga juga sangat mendukung strategi ini.
Atraksi atau daya tarik yang dimiliki Dockland adalah dibangunnya kembali Brunei’s Britain raya, stasiun minuman beralkohol, kuil, gudang yang diubah menjadi hotel , media dan pusat seni, tempat khusus untuk berbelanja, museum industri dan museumsekoci penolong, pusat rekreasi air, dan tempat untuk peziarah. Dalam tahun 1984 Bristol dipromosikan secara besar – besarandalam pengembangan pariwisatanya. Saat ini Bristol dipasarkan oleh 19 tour operator. Sebagi atraksi/daya tarik istimewa adalah perahu motor cepat, dan adu kecepatan perahu motor, pesta balon tahunan.
Permasalahn yang dihadapi Bristol adalah persaingan local, kurangnya sukungan organisasi perusahaan dan keterbatasan anggaran.

Glassgow
Sebagai kota besar di skotlandia, Glassgow sangat baik untuk menarik wisatawan local maupun asing terutama dari Amerika Serikat. Dalam bentuk bangunan, Glassgow memiliki banyak arsitektur Victoria, bangunan khusus Charles Rennie Macintosh, museum yang luas , dan kebun yang luas. Glassgow juga memiliki tradisi budaya yang diadakan dalam festifal 50 minggu sekali. Suatu promosi “selamat datang di Glassgow” merupakan suatu program acara yang menarik “ex-glasswegian“ untuk kembali yang dilanjutkan dengan suatu promosi “Glasgow Miles lebih baik” melingkupi desa, danau/teluk Lamond yang merupakan asset alam utama.
Masalah yang dihadapi Glassgow adalah yang berkenaan dengan pasar pariwisata yaitu mencoba untuk memperoleh wisatawan untuk singgah ke Skotlandia. Untuk membantu dua pusat rekreasi. Tugas dari daerah ini adalah meyakinkan orang – orang yang cukup berpengaruh untuk membelanjakan uangnya per orang minimal 3 kali. Misalnya kedatangan wisatawan domestik, perdanganan Skotlandia memberi pemasukan besar untuk Skotlandia. Sama halnya dengan Bristol, Glassgow juga berharap dapat menarik lalulintas konfrensi dan penetapan biaya pameran yang dibantu oleh rati Glassgow. Permasalahan yang dihadapi pengembangan kepariwisataan Glassgow adalah masalah pengangguran dan peraiangan dengan Edinburgh dan peluang utama yang dimiliki adalah memasarkan daya tarik utama merupakan kunci dalam pasar asing seperti festifal berkebun berskala besar di kota tersebut pada tahun 1988.

Hamm
Kepariwisataan di daerah ini mengalami kemerosotan dalam kunjungan wisatawan . Jumlah akomodasi pada tahun 1975 berjumlah 32.000 menjadi 22.000 pada tahun 1982. Walaupun length of stay meningkat dari 1,5 malam menjadi 1,9 malam, tetapi jumlah kamar terjual mengalami penurunan dari 47.000 pada tahun 1975 menjadi 42.000 pada tahun 1982. Sampai saat ini Hamm memiliki sumber daya alam berupa bangunan untuk menarik wisatawan yang sebagaian besar berupa museum. Sebagai tuan rumah, pameran berkebun Bulan april 1984, investasi pantas dipertimbangkan yang dapat mendukung pengembangan pariwisata. Menurut rovinski (1991) harus ada prioritas pemanfaatan wilayah yang dilindungi untuk aktivitas yang bersifat merusak dan menguntungkan seperti wkowisata. Pengembangan ini menargetkan wisata alam dan wisata petualang untuk dikejar diantara peluang pasar yang ada.
Sesudah itu kedatangan wisatawan nternasional tumbuh di atas 500.000 pada tahun 1992. 50% dari wiatawan tersebut mengunjungi taman nasional, meningkat dari tahun 1986 menjadi 20 %. Bagaimanapun juga arti wkowisata menjadi alas an utama kedatangan wisatawan, sedangkan 72,3 % karena kekaguman terhadap kecantikan Costa Rica.
Pertumbuhan ekowisata di Costa Rica juga menunjukkan bukti – bukti tentang dampaknya. Sebagai contoh sepertiga dari 30 agen perjalanan menyediakan devisa penting untuk ekowisata. Agen perjalanan ekspedisi Costa Rica telah menarik 20.000 client tiap tahunnya. ¾ pengunjung ekowisata masing – masing membelanjakan uangnya rata – rata US $ 148 per hari.. Dalam tahun 1989 13.000 tourist ekowisata membelanjakan uangnya sebanyak US$ 29.000 sedangkan Rara, daerah yang dekat dengan Avis menghasilkan pendapatan US $ 80.000 per tahun. Pendapatan secara nasional tidak begitu nampak, tetapi dampak ekonomi terhadap daerah local sangat penting. Dampak social ekonomi menurut Turtuguero, masyarakat menjadi sangat tergantung pada pekerjaan sambilan karena kedatangan wisatawan. Dampak lingkungan dari ekowisata polusi air, erosi jalan kecil, dan berubahnya perilaku rimba dicatat oleh Taman Nasional manuel Antonio (Rovinski,1991). Sangat disayangkan kebanyakan taman masih kekurangan rencana manajemen yang bisa mendukung, SDM yang terlatih, meneliti daya dukung, dan tujuan pengembangan yang bersifat komersial. Sebagai contoh, tidak lebih dari 25 pengunjung diijinkan untuk melihat kura – kura laut yang bersarang di Pantai Nancite, taman nasional Saint Rose. Mencatat peningkatan kunjungan wisatawan internasional dari 50.000 menjadi 250.000, wood memperingatkan bahwa taman sedang menjadi korban kesuksesan dari kunjungan wisatawan yang berlebihan. Masalah yang lebih luas lagi adalah penebangan hutan secara liar dapat mengancam hampir semua tempat yang masih alami. Sumber daya budaya yang ada adalah kebun binatang , hall atau aula pameran, hall concert terbuka. Di samping itu ada 6 juta orang tinggal dalam setiap 60 mil di daerah Hamm, sehingga potensi pengembnagan pariwisata sangat tinggi. Pengembangan ke depan diarahkan pada pameran perkebunan. Sebagai contoh taman kehidupan rimba telah direncanakan sama halnya dengan Energon (suatu museum tehnologi tinggi) yang dapat disamakan dengan Philip Erolion, Holland yang dibiayai oleh 50% biaya pribadi dan 50 % biaya publik dimana pameran energi matahari dipertunjukkan. Diharapkan ada pertunjukan dan hiburan menarik wisatawan sepanjang tahun 1975 – 1985 hanya 50 hotel yang baru dibuka oleh Hamm dengan maksimum60 kmar tidur. Tetapi dalam tahun 1983 ada 220 kamar hotel telah sukses beroperasi. Kemajuan pantas dipertimbangkan membuat sebuah kota menjadi menarik telah mendorong kedatangan wisatawan secara langsung. Dalam tahun 1984 pameran perkebunan telah mengubah gambaran kota Hamm dan pengembangannya. Lagipula penambahan hotel mewah telah membuka konfrensi wisatawan daerah. Peningkatan adalah diakaibatkan oleh karena penanaman modal pada proyek – proyek pengembangan DTW secara luas.



KESIMPULAN
Pembangunan pariwisata di daerah – daerah sulit merupakan strategi untuk meningkatkan ketenagakerjaan dan kemakmuran. Paket – paket liburan diperkirakan dapat menciptakan lebih dari 200 pekerjaan . Pengembangan pariwisata secara keseluruhan di Hamm telah menyokomh 1000 pekerjaan.
Suatu usaha pemasaran perlu ditargetkan suatu segmen pasar. Sukses tidak bis dicapai tanpa dukungan sector swasta. Pemilik hotel chain, tour operator, agen perjalanan, fasilitas daerah local dan sector swasta harus dilibatkan dalam pengembangan pariwisata nasional akan berkembang maju.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar