- See more at: http://dikaeuphrosyne.blogspot.com/2013/04/cara-agar-artikel-di-blog-tidak-dapat.html#sthash.JcEiggbH.dpuf Pariwisata Bali dan Global (Bali and Global Tourism): Tugas Customer Service 1A

Minggu, November 08, 2009

Tugas Customer Service 1A

  1. Jelaskan arti penting customer service bagi usaha hotel !
  2. Jelaskan pengertian customer (pelanggan/tamu)!
  3. Jelaskan mengenai tangga loyalitas tamu!
  4. Apakah yang di maksud dengan pelayanan!
  5. Bacalah dengan seksama wacana berikut :

Acara Makan Malam Ms.Jeny di La Belle Femme Restaurant

Ms. Jeny Graham adalah seorang sales executive pada perusahaan property di Nusa Dua. Suatu hari Ms.Jeny memesan paket dinner pada restaurant La Belle femme di Jimbaran untuk melobi kliennya yang bersal dari Perancis. Ms. Jeny memesan ’meja’ untuk empat orang, non smoking area, view menghadap pantai. Ms Jeny sudah mendapat konfirmasi dari restaurant tersebut. Untuk memastikan mendapat pesanan sesuai yang diinginkan, Ms.Jeny membayar deposit sebesar Rp. 200.000-. Ketika waktunya tiba, Ms.Jeny mengajak kliennya menikmati makan malam di restaurant tersebut.

Ms. Jeny sungguh senang, karena ketika tiba di restaurant, host menyambut dengan ramah, dan mengantarkan ke meja yang sesuai dengan ia pesan. Atmosphere restaurant sangat nyaman, elegan, bersih,rapi dan mengesankan. Terlebih lagi Kadek Ayu (Chef de Rank) dan Priambodo (Commis de Rank) yang melayani sangat pandai berbahasa Perancis, bahkan melebihi Ms. Jeny. Di restaurant tersebut juga tersedia fasilitas internet wireless connection, yang memungkinkan tamu untuk terus dapat berkomunikasi dengan ’dunia luar’.

Ms. Jeny dan kliennya memberikan tip kepada Ayu dan Priambodo, mengisi ’Guest Comment Card’ serta ingin kembali lagi ke La Belle Femme Restaurant untuk dinner berikutnya. Bahkan Ms.Jeny ingin menceritakan kepada teman-temannya, pengalaman makan malam yang mengesankan di restaurant itu.

Berdasarkan wacana di atas :

  1. Bagaimanakah pelayanan di restaurant tersebut ?
  2. Hal-hal apakah yang menyebabkan Ms.Jeny puas terhadap restaurant tersebut?
  3. Menurut saudara, bagaimana bagaimana comment yang diberikan Ms.Jeny pada Guest Comment Card, khususnya terhadap Ayu dan Priambodo, serta fasilitas restaurant?
  4. Dilihat dari tangga loyalitas tamu, pada level manakah Ms.Jeny berada? Jelaskan!
  5. Menurut pendapat saudara, jika restaurant terebut mampu mempertahankan kualitas pelayanan, bagaimana masa depan restaurant tersebut?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar