- See more at: http://dikaeuphrosyne.blogspot.com/2013/04/cara-agar-artikel-di-blog-tidak-dapat.html#sthash.JcEiggbH.dpuf Pariwisata Bali dan Global (Bali and Global Tourism): MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition)

Minggu, Mei 05, 2013

MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition)



Tidak perlu disangkal lagi bahwa MICE adalah sebuah industri yang mampu memberikan multiplier efect yang luar biasa bagi perekonomian. Kita boleh membayangkan, apabila ribuan orang dari berbagai macam bangsa dan suku berkumpul dalam sebuah event, maka tentunya akan membutuhkan sarana akomodasi, makan, minum, serta berbagai macam fasilitas lainnya.Kondisi ini tentunya akan membuka lapangan kerja dan perputaran uang yang luar biasa.

Oleh karenanya pemerintah betul-betul mendukung pertumbuhan MICE di Indonesia. Sampai saat ini sudah ditetapkan 10 kota utama dan 3 kota potensial bagi pengembangan MICE. 10 kota utama, antara lain : Denpasar, Jakarta, Surabaya, Yogya, Bandung, Makasar, Manado, Batam, Padang, dan Medan,sedangkan 3 kota potensial adalah Palembang, Balik Papan dan Mataram (Lombok).

Sebenarnya MICE adalah Konvensi, karena beberapa pakar menyatakan seperti itu. 

Meeting adalah pertemuan antara pihak-pihak, kelompok-kelompok, perusahaan yang bertujuan untuk membahas sesuatu hal untuk kepentingan bersama. Ada persepsi bahwa meeting melibatkan peserta lebih sedikit dari pada konfrensi atau konvensi.

Incentive adalah sebuah kompensasi dari perusahaan kepada karyawannya akan keberhasilan atau kinerja karyawan yang sangat memuaskan, sehingga perusahaan memberikan hadiah berupa uang, perjalanan wisata maupun tanda penghargaan.

Confrence adalah pertemuan yang dilakukan oleh beberapa pihak atau organisasi yang bertujuan untuk saling bertukar informasi, berdiskusi tentang suatu hal.

Exhibition adalah pameran, sebuah ajang untuk menunjukkan produk hasil karya dengan tujuan komersial maupun non komersial.

Dalam konteks MICE terdapat istilah, PEO (Professional Event Officer), PCO (Professional Convention Officer), Steering Comitee, Organizing Comitee, Meeting Planner, Pre-convention Service, Post Convention Service, dsb.

Prinsip pengelolaan MICE, menggunakan fungsi-fungsi manajemen (Planing, Organizing, Actuating, Controlling dan Evaluating), dengan tetap berpandangan manajemen sebagai seni dalam mengelola berbagai macam sumber daya (man, money,material, machine, method) untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Untuk lebih jelas, silakan buka link berikut : 
http://www.scribd.com/doc/139440454/Mice-Meeting-Incentice-Conference-Exhibition





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar