Saudara adalah seorang supervisor pada sebuah restaurant di hotel berbintang. Restaurant di mana saudara bekerja berkapasitas 100 pax dengan 20 meja di dalamnya. Seat turn over dimana saudara bekerja rata-rata dalam satu hari sebesar 20 kali. Jam buka restaurant adalah 16 jam, mulai jam 07.00 AM – 01.00 AM. Jumlah waiter dan waitres 12 orang dan bus boy 6 orang. Menu yang ditawarkan adalah menu continental dan oriental, american breakfast dan continental breakfast. Komposisi tamu yang makan di restaurant adalah : Jepang (40%), Taiwan (30%), Australia (10%), Eropa (10%), Amerika dan Indonesia masing-masing (5%). Kompensasi yang diberikan kepada karyawan rata-rata sebesar Rp.1.250.000,- setiap bulannya. Sebagian besar karyawan sudah berkeluarga, dimana 40 % laki-laki dan 60% wanita, 90% beragama hindu dengan rata-rata usia 25- 30 tahun.
Berikut ini kinerja restaurant selama tiga bulan terakhir, yang dievaluasi oleh restaurant manager.
No | Hasil Evaluasi setelah di peringkat oleh restaurant manager |
1 | Tingkat penjualan belum memenuhi target penjualan selama tiga bulan |
2 | Cost Controller melaporkan food cost (60%) dan beverage cost (70%) melampaui standar yang ditetapkan, yakni food cost (40%) dan beverage cost (25%) |
3 | Tingkat keluhan tamu : a. 60% menunggu terlalu lama, sering kali soup dan main course sudah agak dingin ketika disantap b. 20% waiter dan waitress tidak mampu memberikan penjelasan detail mengenai makanan dan minuman yang dipesan c. 10% terganggu karena melihat side stand/side table kotor d. 10 % menilai kurang ramah |
Berikanlah pendapat saudara, apa yang harus dilakukan dari ketiga hasil evaluasi tersebut berdasarkan pertimbangan komunikasi, motivasi, pelatihan (training), pendelegasian wewenang dan konsep/teori lainnya yang saudara ketahui.
SELAMAT MENGERJAKAN
Bagaimana jawabannya pak ?
BalasHapus