Sabtu, Juli 04, 2015

Pura Tirtha Sudamala

Pura Tirtha Sudamala terletak di Kabupaten Bangli.  Untuk mencapai lokasi, dapat melalui  Desa Tulikup ke Utara, melalui By Pass Ida BagusMantra. Pura ini begitu indah dan masih sangat alami. Biasanya "pemedek" datang untuk melakukan "penglukatan"  atau pembersihan diri. Istilah Jawanya "ngeruwet". Prosesinya tidak sama dengan mandi di air pancoran biasa, karena sebelum melakukan "penglukatan" dilakukan upacara persembahyangan terlebih dahulu secara Bali. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membersihkan badan astral (badan halus), karena dalam kepercayaan di Bali, selain memiliki  badan kasar (berwujud nyata) juga memiliki badan halus (tidak nampak) yang juga harus dibersihkan sehingga manusia mendapat kenyamanan, ketenangan dan kedamaian dalam menjalankan fungsi dan tujuannya sebagai manusia.
Sensasi yang dirasakan penulis pada saat melaksanakan "Penglukatan" adalah luar biasa, karena air yang begitu jernih langsung dari "kelebutan" (sumber mata air) dan air dari pancuran yang sangat deras memberikan getaran fisik yang nyaman (berasa digetar/dipijat), ditambah udara yang sangat segar, karena disekeliling Pura Sudamala penuh ditumhuhi pohon-pohon besar berusia ratusan tahun.
Fasilitas yang disediakan sudah sangat lengkap yaitu :Parkir, ojek untuk naik turun ke pura (Rp.5.000,-one way), WC, Toilet, Tempat ganti baju, dan warung kopi (Ada pepes ikan, tipat santok, ubi madu, dan loloh daun cem cem). Kalau naik mobil, masuk mbayar 5 rb, ditambah satu orang masuk 2rb. Semuanya dikelola desa adat setempat.
Jadi, kalau ke Bali jangan lupa menikmati atraksi wisata religi ("melukat") di Pura Tirtha Sudamala Bangli, C'est treś bién!!!!!!

2 komentar: