Senin, Maret 12, 2018

Perilaku Konsumen dalam Industri Hospitality

Industri Hospitality
Industri hospitality adalah segala bentuk usaha yang ditawarkan untuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen melalui produk yang mengutamakan layanan dengan keramahtamahan.

Layanan akomodasi, makan, minum dan fasilitas penunjang lainnya identik dengan hotel, losmen, villa, restoran adalah bagian dari industri hospitality.

Pengelolaan industri hospitality tidak lepas dari unsur pemasaran yang merupakan ujung tombak keberhasilan setiap entitas bisnis yang ada di dalamnya.

Untuk dapat bersaing, setiap entitas dalam industri hospitality, harus berorientasi pada kepuasan konsumen sehingga dapat menghasilkan loyalitas pelanggan.

Definisi Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen adalah segala bentuk aktifitas konsumen dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya mulai dari mencari informasi produk, memilih produk, memutuskan pembelian, mengkonsumsi produk, sampai dengan setelah mengkonsumsi produk.

Dalam konteks industri hospitality, perilaku konsumen adalah keseluruhan upaya tamu untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya akan fasilitas akomodasi, mulai dari mencari informasi tentang hotel, memilih hotel, memutuskan untuk memesan kamar hotel, menginap dan menikmati fasilitas hotel, sampai dengan tamu tersebut meninggalkan hotel dengan segala kenangan yang dialaminya.

Ilmu yang Terkait Perilaku Konsumen
Psikologi, sosiologi, psiko sosial, anthropologi, ekonomi, manajemen merupakan ilmu yang sangat erat kaitannya dengan studi perilaku konsumen.

Jadi, perilaku konsumen merupakan ilmu yang sifatnya multi dimensi memiliki unsur aksiologi, epistemologi dan ontologi. Perilaku komsumen memiliki manfaat bagi pemasar, pemerintah, pemerhati sosial dan konsumen itu sendiri.

Bagi pemasar, ilmu perilaku konsumen sangat bermanfaat untuk dapat mengetahui sikap, budaya, motivasi, dan segala hal yang terkait dari konsumen dalam memutuskan untuk membeli produk. Dengan demikian maka pemasar dapat meramu strategi untuk dapat mempengaruhi konsumen agar melakukan pembelian.

Bagi pemerintah, ilmu perilaku konsumen dapat digunakan untuk memprediksi dan mengantisipasi perilaku masyarakat pada saat diterapkan kebijakan kebijakan baru.

Bagi konsumen sendiri, ilmu perilaku konsumen memberikan pencerahan untuk dapat mengenali perilakunya sendiri khususnya dalam menghadapi berbagai macam trik trik pemasaran dari para pemasar. Konsumen akan lebih bijak dalam memutuskan pembelian.

Arti Penting Perilaku Konsumen
Bagi industri hospitality, ilmu perilaku konsumen merupakan tulang punggung bagi keberhasilan usaha. Dengan mengetahui perilaku tamu yang menginap, maka pengelola dapat menyusun strategi untuk mempertahankan kepuasan pelanggan dan meningkatkan jumlah repeater guest.

1 komentar: