Halaman Utama

Minggu, November 08, 2009

Tugas Customer Service 1A

  1. Jelaskan arti penting customer service bagi usaha hotel !
  2. Jelaskan pengertian customer (pelanggan/tamu)!
  3. Jelaskan mengenai tangga loyalitas tamu!
  4. Apakah yang di maksud dengan pelayanan!
  5. Bacalah dengan seksama wacana berikut :

Acara Makan Malam Ms.Jeny di La Belle Femme Restaurant

Ms. Jeny Graham adalah seorang sales executive pada perusahaan property di Nusa Dua. Suatu hari Ms.Jeny memesan paket dinner pada restaurant La Belle femme di Jimbaran untuk melobi kliennya yang bersal dari Perancis. Ms. Jeny memesan ’meja’ untuk empat orang, non smoking area, view menghadap pantai. Ms Jeny sudah mendapat konfirmasi dari restaurant tersebut. Untuk memastikan mendapat pesanan sesuai yang diinginkan, Ms.Jeny membayar deposit sebesar Rp. 200.000-. Ketika waktunya tiba, Ms.Jeny mengajak kliennya menikmati makan malam di restaurant tersebut.

Ms. Jeny sungguh senang, karena ketika tiba di restaurant, host menyambut dengan ramah, dan mengantarkan ke meja yang sesuai dengan ia pesan. Atmosphere restaurant sangat nyaman, elegan, bersih,rapi dan mengesankan. Terlebih lagi Kadek Ayu (Chef de Rank) dan Priambodo (Commis de Rank) yang melayani sangat pandai berbahasa Perancis, bahkan melebihi Ms. Jeny. Di restaurant tersebut juga tersedia fasilitas internet wireless connection, yang memungkinkan tamu untuk terus dapat berkomunikasi dengan ’dunia luar’.

Ms. Jeny dan kliennya memberikan tip kepada Ayu dan Priambodo, mengisi ’Guest Comment Card’ serta ingin kembali lagi ke La Belle Femme Restaurant untuk dinner berikutnya. Bahkan Ms.Jeny ingin menceritakan kepada teman-temannya, pengalaman makan malam yang mengesankan di restaurant itu.

Berdasarkan wacana di atas :

  1. Bagaimanakah pelayanan di restaurant tersebut ?
  2. Hal-hal apakah yang menyebabkan Ms.Jeny puas terhadap restaurant tersebut?
  3. Menurut saudara, bagaimana bagaimana comment yang diberikan Ms.Jeny pada Guest Comment Card, khususnya terhadap Ayu dan Priambodo, serta fasilitas restaurant?
  4. Dilihat dari tangga loyalitas tamu, pada level manakah Ms.Jeny berada? Jelaskan!
  5. Menurut pendapat saudara, jika restaurant terebut mampu mempertahankan kualitas pelayanan, bagaimana masa depan restaurant tersebut?

Sekapur Sirih untuk Pembaca

Dear Pembaca,
Tujuan saya membuat blog Bali and Global Tourism adalah untuk memberikan sumbangan pemikiran bagi pengembangan pariwisata yang berkelanjutan. Pariwisata sendiri merupakan industri yang sangat kompleks, dimana didalamnya terdapat banyak cabang ilmu mulai dari ekonomi, hukum, sosial, budaya, bahasa, teknologi informasi dan banyak lagi. Semuanya memberikan sumbangan pemikiran bagi pemerhati pariwisata.

Adapun sumber penulisan adalah berasal dari tugas-tugas yang penulis kerjakan selama mengikuti perkuliahan pada 1) Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali, 2) Program Pasca Sarjana Universitas Udayana, Magister Manajemen, 3) Program Pasca Sarjana Universitas Udayana, Kajian Pariwisata, 4) Materi Kuliah yang penulis ajarkan kepada mahasiswa : Mapindo, STIPAR Triatma Jaya dan STIE Triatma Mulya, 5) Orasi Ilmiah dan karya ilmiah penulis

Mengingat Pariwisata sendiri adalah ilmu yang masih baru berkembang dan terdiri dari berbagai komponan ilmu pengetahuan lainnya yang saling mendukung, diharapkan para pembaca tidak mengartikan tulisan-tulisan yang ada dalam blog ini adalah 'gado-gado'. Sebagai contoh, dalam pariwisata terdapat ilmu pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, lingkungan, hukum dsb, kesemuanya itu berada dalam bingkai pariwisata.

Penulis berterima kasih atas keritik dan saran, semoga blog ini ada manfaat bagi pembaca sebagai sarana menambah khasanah pengetahuan pariwisata dan pengembangan pariwisata itu sendiri. Sekali lagi, terima kasih.